Berita Codex Indonesia

Galeri Foto

 Lihat Semua

Tentang Codex Indonesia

 

Indonesia memiliki beberapa instansi yang lingkup tugas dan kewenangannya terkait dengan pangan, mulai dari budidaya, pangan segar, pangan olahan, pangan khusus, pangan siap saji, distribusi pangan, ritel pangan, ekspor/impor pangan dan standardisasi pangan. 

 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2004 tentang Keamanan, Mutu dan Gizi Pangan, tugas dan kewenangan di bidang pangan tersebut melibatkan Menteri yang bertanggung di bidang pertanian, perikanan, kehutanan, kesehatan, perindustrian, perdagangan, Badan Pengawasan Obat dan Makanan serta Badan Standardisasi Nasional.

 

Untuk menangani kegiatan Codex di tingkat nasional dibentuk organisasi Codex Indonesia dibentuk berdasarkan kesepakatan yang melibatkan instansi-instansi yang memiliki tugas dan kewenangan di bidang pangan.  Pembentukan organisasi Codex Indonesia memungkinkan kegiatan Codex di tingkat nasional lebih terkoordinasi, efektif dan efisien.

 

Elemen-elemen yang terdapat dalam organisasi Codex Indonesia, terdiri dari Panitia Nasional Codex Indonesia, Kelompok Kerja Codex Indonesia, Mirror Committee (MC) dan Sekretariat Codex Contact Point.

 

Panitia Nasional merupakan forum tertinggi dalam organisasi Codex Indonesia. Fungsi Panitia Nasional Codex Indonesia adalah menetapkan kebijakan yang bersifat makro dalam pengembangan penanganan Codex Indonesia serta penetapan posisi Indonesia dalam sidang Codex.

 

Fungsi utama Kelompok Kerja Codex Indonesia adalah melakukan verifikasi rancangan posisi Indonesia yang disusun oleh Mirror Committee terhadap agenda yang akan dibahas dalam sidang Codex. Mirror Committee dibentuk sebanding/sesuai dengan Komite/Task Force yang ada dalam Codex dengan fungsi utama melakukan pembahasan teknis substansi yang akan, sedang dan telah dibahas dalam sidang Komite/Task Force dalam rangka menyusun rancangan posisi Indonesia maupun mempersiapkan bahan (data) dalam rangka pembahasan posisi.

 

Seluruh Komite/Task Force yang ada di Codex dibentuk mirror committee-nya untuk dikoordinasikan oleh instansi yang memiliki tugas dan kewenangan sesuai dengan term of reference (TOR) Komite/Task Force tersebut

Copyright © 2017 Codex Indonesia. All Rights Reserved.