Berita Codex Indonesia

Galeri Foto

 Lihat Semua

PARTISIPASI AKTIF INDONESIA PADA SIDANG KE-34 CODEX COMMITTEE ON FISH AND FISHERY PRODUCTS

24 Nov 2015 13:51 PM

Sidang Codex Committee on Fish and Fishery Products (CCFFP) ke-34 telah diselenggarakan di Ålesund, Norwegia pada tanggal 19-24 Oktober 2015. Sidang dipimpin oleh Dr Bjørn Røthe Knudtsen, Regional Director of the Norwegian Food Safety Authority. Sidang dihadiri oleh 49 negara anggota, 1 anggota organisasi dan 1 observer dari organisasi internasional. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Prof. Purwiyatno Hariyadi, SEAFAST Center, IPB dengan anggota delegasi yaitu Widya Rusyanto dan Lia Sugihartini wakil dari Direktorat Bina Mutu dan Diversifikasi Produk Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

 

Sidang CCFFP ke-34 dibuka oleh Oskar Skulstad, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Ålesund merupakan kota yang kaya akan ikan sehingga disebut sebagai ibukota industri perikanan Norwegia.

Beberapa hasil penting pembahasan sidang CCFFP ke-34 adalah sebagai berikut:

  1. Usulan untuk mengadopsi Draft Code of Practice For Processing of Fish Sauce pada step 8 di CAC ke-39 dan mencantumkannya ke dalam Code of Practice for Fish and Fishery Products (CAC/RCP 52-2003).
  2. Proposed Draft Code of Practice on The Processing of Fresh and Quick Frozen Raw Scallop Products, disetujui komite untuk diadopsi pada step 5/8 di CAC ke-39 dan mencantumkannya ke dalam Code of Practice for Fish and Fishery Products (CAC/RCP 52-2003).
  3. Proposed Draft Code Of Practice For Fish And Fishery Products (Section on Sturgeon Caviar), komite menyetujui untuk diadopsi pada step 5/8 di CAC ke-39 dan mencantumkannya ke dalam Code of Practice for Fish and Fishery Products (CAC/RCP 52-2003).
  4. Agenda Item 6, Proposed Food Additive Provisions In Standards For Fish and Fishery Products, komite menyetujui untuk :

-       Amandemen Food Additive Provisions In Standards For Fish and Fishery Products untuk diadopsi oleh CAC

-       Meminta CCFA untuk :

  1. mengharmonisasikan ketentuan ethylene diamine tetra acetates (INS 385-386) dalam kategori pangan 9.4 pada GSFA dengan Standard for Canned Shrimps or Prawn (CODEX STAN 37-1981);
  2. merevisi teks note 299 dalam GSFA
  3. menginformasikan CCFA mengenai fungsi teknologi dari INS 342 (i) dan (ii), dan INS 343 (i) - (iii) dalam Standard for Fresh and Quick Frozen Raw Scallop Products (CODEX STAN 315-2014).

5. Agenda item 9, Discussion Paper on Histamine, komite menyetujui untuk :

-       mengembangkan pedoman yang lebih spesifik dalam Code of Practice for Fish and Fishery Products (CAC/RCP 52-2003) dan memasukkan daftar revisi species yang rentan;

-       mempertahankan kedua batas dekomposisi dan keamanan serta meninjau kembali batas keselamatan setelah tersedia pengetahuan dan informasi

-       menyediakan rencana sampling yang selaras untuk standar produk ikan dan perikanan, dengan dasar sampling tool histamin dari FAO/WHO untuk pengembangan lebih lanjut;

-       mengembangkan rencana sampling untuk tujuan yang berbeda;

-       komite mencatat bahwa FAO akan mempertimbangkan permintaan bantuan teknis dalam penerapan sampling tool untuk histamin.

 

Untuk Sidang berikutnya, komite setuju untuk menangguhkan siklus physical meeting dan melanjutkan pembahasan melalui korespondensi.

Copyright © 2017 Codex Indonesia. All Rights Reserved.