Berita Codex Indonesia

Galeri Foto

 Lihat Semua

FAO Mendorong Negara Anggota ASEAN untuk Mengembangkan National Food Safety Indicators

16 Jan 2020 9:41 AM

Codex Alimentarius Commission (CAC) telah menetapkan Principles and guidelines for monitoring the performance of national food control system (CAC/GL 91-2007). CAC/GL 91-2007 merupakan dokumen Codex yang disusun untuk menyediakan panduan dan membantu pemerintah dan otoritas kompeten dalam menyusun rancangan, mengembangkan, mengevaluasi serta meningkatkan national food control system (NFCS). Adanya NFCS akan membantu negara dalam upaya perlindungan kesehatan konsumen dan pemberian jaminan praktek perdagangan pangan yang adil.

Dokumen tersebut mendeskripsikan logical framework mengenai langkah perencanaan serta monitoring dan sistem review untuk memonitor performance dari NFCS. Setiap negara diharapkan dapat menyusun food safety indicators (indikator keamanan pangan) untuk mengukur ketercapaian dari suatu tujuan, serta memonitor progress yang telah dicapai.

Sebagai bentuk dukungan untuk implementasinya, FAO Regional Office for Asia and the Pacific (FAORAP) menyelenggarakan Regional Workshop on the Development of a set of National Food Safety Indicators di Bangkok, Thailand, tanggal 19 – 21 November 2019. Kegiatan workshop dihadiri oleh 25 (dua puluh lima) peserta yang merupakan perwakilan dari 10 (sepuluh) negara anggota ASEAN. Peserta dari Indonesia pada kegiatan ini merupakan perwakilan dari BPOM dan BSN.

Workshop bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai Food Safety Indicators dan juga menekankan pentingnya mengembangkan/menyusun National Food Safety Indicators untuk negara ASEAN. Workshop berlangsung dengan metode presentasi dan diskusi kelompok. Keseluruhan materi dari workshop disampaikan oleh Dr. Masami Takeuchi yang merupakan FAO Food Safety Officer.

FAO telah menerbitkan technical working paper berjudul “Measuring food safety” yang disusun berdasarkan evidence-based. Di dalam paper ini, telah diidentifikasi sebanyak 139 (seratus tiga puluh sembilan) indikator keamanan pangan yang kemudian digunakan sebagai baseline pembahasan pada kegiatan Regional Consultation on Food Safety Indicators in Asia-Pacific yang diselenggarakan pada tahun 2017 di Singapura.

Hingga saat ini, sudah terdapat 6 (enam) negara yang didampingi oleh FAO dalam mengembangkan indikator keamanan pangan nasional. Dengan diselenggarakannya workshop ini, FAORAP berharap semua anggota negara ASEAN akan dapat mengembangkan indikator keamanan pangan untuk negara masing-masing. FAORAP akan mengadakan pertemuan lanjutan untuk mengetahui tindak lanjut yang telah dilakukan oleh setiap negara mengenai hal ini.

Copyright © 2020 Codex Indonesia. All Rights Reserved.