Berita Codex Indonesia

Galeri Foto

 Lihat Semua

AMS (ASEAN Member States) Berencana Mengajukan Standar ASEAN untuk Produk Hortikultura Menjadi Standar Codex

16 Jan 2020 8:00 AM

Sidang ke-19 ASEAN Task Force on Codex (ATFC) telah dilaksanakan pada tanggal 19 – 21 Juni 2019 di Siem Reap, Kamboja dengan dihadiri oleh perwakilan dari 7 (tujuh) negara anggota ASEAN. Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Prof. Joni Munarso beranggotakan 5 (lima) orang yang berasal dari perwakilan BPOM, BSN dan Kementerian Pertanian.

Pada sesi pembukaan, H.E. Phan Oun selaku Deputy Director General of the Cambodia Import Export Inspection and Fraud Repression menyampaikan bahwa Codex Alimentarius Commission (CAC) merupakan forum yang sangat akuntabel untuk mengembangkan standar, pedoman dan rekomendasi lain yang berkaitan dengan keamanan dan kualitas pangan untuk melindungi kesehatan konsumen serta memastikan terjadinya praktek perdagangan yang adil di bidang pangan. Beliau juga menekankan bahwa apabila semua negara memiliki standar nasional ataupun regulasi yang harmonis dengan standar Codex, maka hambatan perdagangan akan dapat diminimalkan.

Sebagai focal point untuk beberapa komite Codex, delegasi Indonesia menyampaikan update mengenai pekerjaan yang saat ini sedang berlangsung pada Codex Committee on Food Additives, Codex Committee on Contaminants in Foods, Codex Committee on Method Analysis and Sampling, Codex Committee on Milk and Milk Products dan Codex Committee on Spices and Culinary Herbs. Selain itu, delegasi Indonesia juga menyampaikan concern mengenai pelaksanaan pengembangan 7 (tujuh) standar di Codex Committee on Processed Fruits and Vegetables yang dilaksanakan secara korespondensi tanpa melalui pertemuan fisik. Indonesia menyoroti hal tersebut karena menilai konsensus akan sulit tercapai apabila pengembangan standar dilakukan secara korespondensi. Delegasi Indonesia menyampaikan bahwa pada Sidang ke-42 CAC, Indonesia akan menyampaikan concern tersebut untuk mendorong diselenggarakannya pertemuan fisik untuk Sidang CCPFV, dan hal ini disetujui oleh seluruh AMS yang hadir.

Salah satu agenda penting lainnya yang dibahas pada sidang ke-19 ATFC adalah mengenai rencana untuk dapat mengusulkan Standar ASEAN untuk produk hortikultura menjadi Standar Codex. Pada dasarnya, seluruh AMS yang hadir menyetujui rencana tersebut dan berencana untuk membahas kerangka kerjanya pada sidang ke-20 ATFC yang akan dilaksanakan di bulan Juni 2020 mendatang. 

Copyright © 2020 Codex Indonesia. All Rights Reserved.