Berita Codex Indonesia

Galeri Foto

 Lihat Semua

Membahas Hal Prosedural, CCGP Membuat Sistem Codex Lebih Teratur

16 Apr 2019 15:15 PM

Codex Committee on General Principle (CCGP) menyelenggarakan pertemuan ke-51-nya di Bordeaux, Perancis pada tanggal 11 – 15 Maret 2019. Dihadiri oleh perwakilan dari 59 negara anggota dan 1 organisasi anggota, CCGP membahas materi umum dan prosedural yang akan dirujuk oleh Komisi serta Komite Codex dalam melaksanakan pengembangan standar pangan internasional.

 

Chairperson of the Codex Alimentarius Commission, Guilherme da Costa Junior, beserta ketiga Vice-Chairperson, Purwiyatno Hariyadi (Indonesia), Mariam Eid (Lebanon) dan Steve Wearne (UK) juga turut hadir pada sidang ini.

Dalam sambutan pembukaannya, Guilherme menyampaikan bahwa ketika berpartisipasi dalam pengembangan standar Codex, sangat penting bagi negara anggota Codex untuk saling bekerja sama sebagai partner dagang, sehingga dapat memberikan jaminan bagi perlindungan kesehatan konsumen di setiap negara, serta memberikan ruang dalam perdagangan yang dapat menghasilkan devisa dan lapangan kerja bagi penduduknya.

 

Pada sidang kali ini, Komite membahas Discussion paper on procedural guidance for committees working by correspondence. Komite memutuskan untuk membentuk electronic Working Group yang bertugas mengembangkan prosedur pelaksanaan pertemuan melalui korespondensi, dan hasilnya akan dibahas para pertemuan CCGP selanjutnya. Selain itu, Komite juga membahas agenda mengenai Use of examples in Codex standard. Namun demikian, Komite memutuskan untuk tidak mengembangkan pedoman spesifik mengenai hal tersebut untuk saat ini.

 

Disela pelaksanaan sidang CCGP, dilaksanakan pertemuan informal untuk mendiskusikan Revised Draft Codex Strategic Plan 2020 – 2025. Pertemuan ini dimanfaatkan oleh negara anggota Codex untuk meminta klarifikasi terhadap perubahan draft dokumen strategic plan 2020 – 2025 dan memberikan usulan serta komentar secara umum pada draft tersebut. Delegasi Indonesia yang diwakili oleh perwakilan dari Badan Standardiasi Nasional turut berpartisipasi pada pertemuan ini dengan harapan hal-hal yang didiskusikan pada pertemuan tersebut dapat dijadikan masukan bagi Indonesia dalam mengembangkan rencana strategis Codex Indonesia 2020 – 2025 yang akan mulai disusun di tahun ini. (ccp)

Copyright © 2019 Codex Indonesia. All Rights Reserved.