Berita Codex Indonesia

Galeri Foto

 Lihat Semua

Prof. Purwiyatno Hariyadi Sampaikan Pentingnya Fats and Oils dalam Perdagangan Internasional

05 Mar 2019 9:31 AM

Codex Committee on Fats and Oils (CCFO) menyelenggarakan Sidang ke-26 di Hotel Royale Chulan, Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 25 Februari – 1 Maret 2019. Sidang tersebut dihadiri oleh 40 negara anggota, 1 organisasi anggota dan 5 observer. Malaysia merupakan negara tuan rumah CCFO sejak tahun 2009 setelah sebelumnya berada di Inggris.

Prof. Purwiyatno Hariyadi, Vice-chair Codex Alimentarius Commission (CAC) memberikan sambutan pada pembukaan sidang CCFO sebagai perwakilan Chair dan Vice-chair CAC. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa saat ini CAC bekerja untuk mengembangkan standar dan mendorong harmonisasi penerapan standar internasional yang mencakup aspek kualitas dan keamanan pangan, termasuk penanganan dan distribusi pangan disepanjang rantai pangan. Hal ini termasuk lemak dan minyak (fats and oils) yang merupakan pangan dan bahan pangan penting yang diperdagangkan di seluruh dunia.

We can’t imagine enjoying food without fats and oils” ujar Purwiyatno. Beliau menekankan kembali pentingnya lemak dan minyak sehingga sebagai konsekuensinya, aspek kualitas, keamanan dan keaslian (authenticity) dari lemak dan minyak sangat penting bagi semua pihak, disepanjang rantai pasokan lemak dan minyak (from farm to table) di seluruh dunia.  

Source of picture: http://www.fao.org/fileadmin/user_upload/codexalimentarius/photo-archive/CCFO-Pur-1.jpg

Agenda yang dibahas pada Sidang CCFO ini dinilai sangat penting bagi Indonesia karena juga menyangkut produk minyak sawit yang merupakan salah satu komoditas unggulan ekspor Indonesia. Beberapa diantaranya adalah revisi Codex Standard for Named Vegetable Oils untuk mengubah suhu analisa pengukuran indeks refraktif dan apparent density dari palm superolein; penggantian nilai asam dengan asam lemak bebas untuk virgin palm oil; dan menyertakan nilai asam lemak bebas untuk crude palm kernel oil.

Revisi dari Standar Codex tersebut diharapkan dapat membantu konsumen, supplier, retailer dan regulator, termasuk di Indonesia, untuk memastikan kualitas dan keamanan dari komoditas penting tersebut. (ccp) 

Copyright © 2019 Codex Indonesia. All Rights Reserved.