Berita Codex Indonesia

Galeri Foto

 Lihat Semua

Indonesia Berpartisipasi dalam Training Workshop for Building Capacities “Risk Management of Contaminants in Foods”

14 Feb 2019 10:41 AM

Ministry of Agriculture, Forestry and Fisheries (MAFF), Jepang telah menyelenggarakan training Workshop for Building Capacities “Risk Management of Contaminants in Foods” di Akasaka Excel Hotel Tokyu, Tokyo, Jepang pada tanggal 23 – 25 Januari 2019.

 

Training tersebut bertujuan untuk membantu negara-negara di ASEAN (Cambodia, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Vietnam) untuk meningkatkan kapasitas mengenai risk management of contaminants in foods and feeds dengan menggunakan metode yang telah diterima dan diharmonisasi secara global, dalam hal ini yang telah diadopsi oleh Codex.

Indonesia yang diwakili oleh perwakilan dari Kementerian Pertanian, Badan POM dan BSN bersama perwakilan dari 7 negara ASEAN lainnya sangat antusias dalam menjalani training selama 3 hari tersebut. Materi yang diberikan pada training antara lain mengenai keamanan pangan dan legal system yang ada di Jepang; bagaimana cara menentukan maksimum level; bagaimana cara memperoleh informasi mengenai occurance data dari kontaminan dan juga cara menganalisanya; bagaimana cara memperoleh informasi mengenai data konsumsi; bagaimana cara menentukan estimasi dari daily intake dan juga mengestimasi paparan; dan juga mengenai pentingnya menerapkan Code of Practice dibandingkan dengan menentukan maksimum level.

 

Keseluruhan materi training disampaikan oleh pakar dari MAFF, yaitu Dr. Yukiko Yamada (Advisor to Vice-Minister MAFF), Dr. Takanori Ukena, Mr. Tetsuo Urushiyama, Mr. Kazuhiro Sakamoto, dan Mr. Yoshiyuki Takagishi yang sudah banyak terlibat dalam penyusunan standar Codex baik di komite CCFA, CCCF, CCPR, CCMAS, maupun komite lainnya

 

Training dilaksanakan dalam bentuk workshop dimana setiap peserta harus dapat mengerjakan exercise setelah materi teori diberikan. Dr. Yamada berharap, materi dan latihan yang diberikan selama training dapat bermanfaat bagi setiap peserta dan dapat diterapkan dalam menentukan batas maksimum cemaran di negara asalnya (ccp).

Copyright © 2019 Codex Indonesia. All Rights Reserved.