Berita Codex Indonesia

Galeri Foto

 Lihat Semua

Draft Rencana Strategis Codex 2020-2025 dibahas oleh Anggota Codex Regional Asia

15 Nov 2018 15:23 PM

Ada hal yang menarik dari cara Sekretariat Codex menggali informasi dari anggota Codex di setiap regional terhadap draft dokumen Codex yang memerlukan masukan dari seluruh Negara. Umumnya Codex mengedarkan circular letter (CL) untuk meminta komentar dengan batas waktu tertentu dan mengkompilasi seluruh komentar yang masuk untuk diedarkan kembali sebelum dibahas dalam sidang. 

 

Khusus untuk Strategic Plan Codex 2020-2025: Draft yang telah diedarkan melalui CL 2018/67/OCS-CAC dengan batas waktu 30 November 2018, Sekretariat Codex mengadakan pertemuan di setiap regional dalam rangka mendorong setiap Negara memberikan komentarnya.  Untuk wilayah Asia pertemuan dilaksanakan pada tanggal 1-2 November 2018 di Beijing, China, yang difasilitasi oleh pemerintah China bekerjasama dengan India selaku koordinator Regional Asia.   Pertemuan dikemas dalam bentuk workshop dengan fasilitator utama David Massey dari Sekretariat Codex.

 

Workshop dihadiri oleh perwakilan dari Bangladesh, China, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Malaysia, Mongolia, Nepal, Phliphina, Singapura, Thailand, Timor Leste.  Perwakilan dari FAO Regional Asia Pasific, Prof Purwiyatno selaku salah satu Vice Chair Codex serta Sekretariat Codex juga hadir pada workshop tersebut.  Indonesia diwakili oleh Singgih Harjanto (Sekretariat CCP BSN) dan Sunarya (Anggota Komite Nasional Codex Indonesia).

 

“Pertemuan ini merupakan kesempatan yang baik bagi Negara Asia untuk dapat lebih memahami isi dari Draft Rencana Strategis Codex 2020-2025 sehingga dapat memberikan komentar untuk merespon CL sebelum batas waktu yang ditentukan sebagai salah satu bahan masukan bagi Biro Codex dalam memberbaiki draft tersebut”. Demikian inti yang disampaikan oleh Prof. Purwiyatno dalam salah sambutan pembukaannya.

 

David Massey selaku fasilitator membawakan workshop ini dengan sangat baik, melalui pendekatan workshop yang membagi dalam beberapa kelompok.  Fasilitator memberikan pertanyaan yang terkait dengan draft rencana strategis untuk dibahas setiap kelompok dan dipresentasikan ke seluruh peserta untuk dibahas bersama.  Dengan pendekatan seperti itu, setiap peserta dapat lebih mudah memahami isi draft dan bisa memberikan masukan sesuai dengan kondisi di tiap Negara serta dari perspektif regional Asia.

 

Sebagai tindak lanjut dari workshop ini, Sekretariat CCP BSN akan mengkoordinasikan pertemuan dengan instansi terkait untuk menyampaikan hasil workshop sekaligus menyusun masukan untuk merespon CL 2018/67/OCS-CAC sebelum batas waktu yang ditentukan.

Copyright © 2018 Codex Indonesia. All Rights Reserved.