Berita Codex Indonesia

Galeri Foto

 Lihat Semua

Kelompok Kerja Codex Indonesia Susun Rencana Kerja Codex Indonesia Tahun 2019

14 Sep 2018 16:01 PM

Rencana Strategis (Renstra) Codex Indonesia tahun 2013-2018 ditetapkan pada tahun 2012 oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional selaku Ketua Komite Nasional Codex Indonesia setelah melalui pembahasan awal ditingkat tim perumus yang kemudian dibahas bersama Kementerian/Lembaga terkait. Dengan berakhirnya periode renstra tersebut pada tahun ini, diperlukan review terhadap Renstra Codex Indonesia dengan mempertimbangkan kebutuhan di tingkat nasional dan perkembangan yang terjadi di tingkat internasional. Saat ini diketahui bahwa CAC sedang dalam proses penyusunan Draft Codex Strategic Plan 2020-2025.

Kelompok Kerja Codex Indonesia menyelenggarakan rapat koordinasi untuk melakukan review terhadap Rencana Strategis Codex Indonesia pada Jum’at, 13 Juli 2018 di Kementerian Perindustrian, Jakarta. Rapat dipimpin oleh Enny Ratnaningtyas, Direktur Industri Makanan, Hasil Laut dan Perikanan selaku Ketua Kelompok Kerja Codex Indonesia periode 2018-2019. Rapat dihadiri oleh 5 (lima) orang anggota serta 8 (delapan) orang perwakilan anggota Kelompok Kerja dari Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan POM, BSN, Kementerian Luar Negeri, PPOMN dan GAPMMI.

Pembahasan diawali dengan diskusi mengenai kronologis penyusunan Renstra Codex Indonesia dan perkembangan Draft Codex Strategic Plan 2020-2025 yang telah dibahas pada CAC ke-41 tahun 2018. Renstra Codex Indonesia diharapkan dapat memberikan gambaran arah pencapaian Indonesia dalam kegiatan Codex sehingga partisipasi Indonesia di dalam forum Codex dapat lebih efektif dan efisien.

Kelompok Kerja Codex Indonesia menyepakati untuk memfokuskan review Renstra pada bagian penyusunan Rancangan Rencana Kerja Codex Indonesia tahun 2019, yang nantinya akan disampaikan pada Rapat Komite Nasional Codex Indonesia bulan Oktober 2018 untuk dapat ditetapkan menjadi Rencana Codex Indonesia Tahun 2019.

Copyright © 2018 Codex Indonesia. All Rights Reserved.