Berita Codex Indonesia

Galeri Foto

 Lihat Semua

Komite Nasional Codex Indonesia Mendukung Pelaksanaan WNPG XI

15 Nov 2017 14:09 PM

Dalam rangka menyusun dan membahas kebijakan penanganan Codex Indonesia, Komite Nasional Codex Indonesia menyelenggarakan rapat ke-3 tahun 2017, yang bertempat di Ruang Rapat Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Jumat 3 November 2017.

Rapat dibuka oleh Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, dr. Anung Sugihantono, M.Kes.  Anung menyampaikan bahwa posisi Indonesia dalam forum Codex menjadi sangat penting, terutama setelah Prof. Purwiyatno Hariyadi terpilih sebagai Vice-Chair Codex Alimentarius Commission(CAC).  Peran aktif Indonesia pada kegiatan internasional, diharapkan tidak terbatas pada kehadiran saja, tetapi juga harus turut mewarnai penyusunan dan perumusan kebijakan internasional.  Anung juga menyampaikan bahwa melalui forum Komnas Codex Indonesia ini dapat dirumuskan kebijkaan strategis di bidang pangan.

 

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Ketua Komite Nasional Codex Indonesia, Prof. Bambang Prasetya selaku pimpinan rapat meyambut baik apa yang disampaikan oleh Anung. Bambang menambahkan bahwa Komite Nasional Codex Indonesia merupakan komite yang solid dan memiliki komitmen yang tinggi untuk terus berkontribusi dalam kebijkanan pangan di tingkat nasional maupun internasional. Terpilihnya Prof. Purwiyatno Hariyadi sebagai Vice-Chair CAC yang merupakan hasil rumusan dan komitmen bersama dari anggota Komnas Codex Indonesia dan merupakan salah satu pencapaian strategis sesuai dengan Rencana Strategis Codex Indonesia tahun 2013-2018.

Selanjutnya rapat yang dipimpin oleh Prof. Bambang Prasetya membahas dan menyepakati beberapa agenda penting terkait dengan penanganan Codex Indonesia dan yang terkait dengan isu pangan nasional.  Bambang menambahkan bahwa Komnas Codex Indonesia mendapatkan kesempatan untuk turut terlibat dalam Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) XI, yang puncaknya direncanakan akan diadakan tanggal 3-4 Juli 2017. Komnas Codex sangat relevan untuk terlibat khususnya dalam bidang mutu dan keamanan pangan. Bambang memandang bahwa kegiatan WNPG sangat penting untuk merumuskan rekomendasi dalam upaya penyelesaian masalah dan isu terkait pangan dan gizi nasional.  Anggota Komnas Codex mendukung penuh pelaksanaan WNPG dan menyatakan komitmennya untuk berperan aktif dalam kegiatan tersebut.  Untuk itu diperlukan pembahasan khusus terkait dengan arahan dari Komnas Codex untuk pelaksanaan WNPG ini.

Dalam kesempatan ini Prof. Purwiyatno juga memaparkan kegiatan yang telah dilaksanakan dengan Chair, tiga orang Vice-Chair dan Sekretariat Codex.  Purwiyatno menyampaikan keterlibatannya sebagai Vice Chair dalam perumusan rencana strategis Codex 2020-2025 serta isu-isu penting lain di forum internasional.  Chair dan Vice Chair diharapkan berbagi peran untuk berpartisipasi dalam sidang-sidang Komite Codex.  Oleh karena itu dibutuhkan dukungan dari pemerintah Indonesia dalam memfasilitasi kehadiran Vice Chair dalam sidang Codex yang strategis bagi kepentingan nasional.

Copyright © 2017 Codex Indonesia. All Rights Reserved.