Berita Codex Indonesia

Galeri Foto

 Lihat Semua

Indonesia Sosialisasikan Pencalonan Prof. Purwiyatno Hariyadi Sebagai Vice Chair Codex

11 Apr 2017 9:14 AM

Sebagai implementasi dari Rencana Strategis Codex Indonesia, Komite Nasional Codex Indonesia telah memutuskan untuk mencalonkan Prof. Purwiyatno Hariyadi sebagai Vice Chair Codex pada pemilihan di sidang ke-40 Codex Alimentarius Commission, 17-22 Juli 2017 di Jenewa, Swiss.  Prof. Purwiyatno merupakan Anggota Komite Codex Indonesia dari Institut Pertanian Bogor yang telah lama aktif dalam kegiatan Codex baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

Dalam rangka mensosialisasikan pencalonannya, Sekretariat Codex Contact Point BSN bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan instansi lain yang terkait telah menyusun langkah-langkah strategis seperti meminta dukungan ke seluruh Codex Contact Point Negara anggota Codex yang disertai brosur yang memuat profil singkat Prof. Purwiyatno, serta meminta Kementerian Luar Negeri untuk melakukan pendekatan diplomatik ke seluruh Negara untuk menggalang dukungan pencalonannya.

 

Berkaitan dengan hal tersebut, pada sidang ke-11 CCCF yang dilaksanakan pada 3-7 April 2017 di Brazil, delegasi Indonesia juga melakukan kegiatan untuk mensosialisasikan pencalonan Prof. Purwiyatno Hariyadi sebagai kandidat Vice Chair Codex.  Secara khusus, delegasi Indonesia mengadakan pertemuan dengan Mr. Guilherme Costa (kandidat Chair Codex dari Brazil) dan Mr André Luis Santos (Coordinator of the Brazilian Codex Alimentarius Committee National Institute of Metrology, Quality and Technology).  Pada pertemuan tersebut  kedua belah pihak mendiskusikan tantangan keamanan dan perdagangan pangan global serta rencana pemilihan Chair dan Vice Chair Codex pada sidang CAC mendatang.  Pada prinsipnya, Brazil dan Indonesia saling mendukung pencalonan masing-masing dan telah menerima permintaan dukungan secara resmi dari pemerintah.  Brazil akan menyampaikan permintaan dukungan pencalonan Indonesia pada anggota Codex wilayah Amerika Latin sedangkan Indonesia akan menyampaikan permintaan dukungan pencalonan Brazil pada negara anggota Codex wilayah ASEAN pada pertemuan ASEAN Task Force on Codex di Yogyakarta, 16-18 Mei 2017.

 

Delegasi Indonesia juga mengadakan pendekatan dengan berbagai delegasi seperti delegasi Amerika Serikat, Uni Eropa, New Zealand dan Chair CCCF agar dapat mensosialisasikan visi sebagai Vice Chair Codex untuk mendapatkan dukungan mereka pada pemilihan mendatang.

 

Terkait dengan hal ini, pemerintah Indonesia perlu terus melakukan pendekatan dengan berbagai negara hingga menjelang pemilihan Chair dan Vice Chair pada sidang CAC, baik melalui pertemuan secara informal selama pelaksanaan sidang Codex maupun pendekatan secara diplomatik.  Perlu dipertimbangkan menggalang dukungan melalui pertemuan informal sebelum atau selama sidang CAC sebelum pelaksanaan pemilihan Chair dan Vice Chair Codex untuk memastikan dukungan pencalonan Indonesia dari negara-negara.

Copyright © 2017 Codex Indonesia. All Rights Reserved.